Mitos Burung Gagak, Katanya Jadi Pertanda Kematian?

0
1152
mitos burung gagak

Mitos burung gagak – Burung gagak sendiri merupakan sebuah hewan yang masuk kedalam golongan marga corvus suku corvidae yang relatif memiliki ukuran besar dan bulunya sendiri didominasi oleh watna hitam legam. Hampir semua jenis burung gagak tersebar di seluruh benua kecuali di Amerika Selatan.

Penampilan burung gagak bisa dibilang cukup menakutkan bagi semua orang, dengan balutan bulu-bulunya yang berwarna hitam di seluruh tubuhnya menjadikan burung yang satu ini sering dikait kaitkan dengan kematian hingga ilmu santet serta sihir. Masyarakat di wilayah Afrika dan Eropa sana percaya bahwa hewan yang satu ini dijadikan media sihir.

Lihat Juga : Primbon Jodoh

Selain di Afrika dan Eropa, di Indonesia khususnya masyarakat Jawa sendiri mempercayai bahwa kedatangan burung gagak bisa dijadikan sebagai arti bahwa akan ada seseorang yang mengalami kematian, entah itu karena sakit, kesialan, ataupun kecelakaan atau bisa juga pertanda akan ada hantu genderowo.

Bahkan selain warnanya yang hitam, suaranya pun bakal membuat yang mendengarkannya menjadi ketakutan dan ngeri. Namun apakah itu semua memang bear adanya atau hanya mitos belaka ya? Astor.id akan menjelaskan hal ini padamu secara lengkap.

Mitos Burung Gagak

Bagi kamu yang penasaran mengenai berbagai macam mitos mengenai burung yang satu ini dimana yaitu mitos burung gagak, berikut penjelasan lengkapnya yang telah dirangkum oleh Astor.id.

Burung Gagak Menurut Al-Qur’an

burung gagak menurut alquran
Sumber gambar: Berdakwah.com

Dari riwayat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu begini sabda dari baginda Rasulullah Shallallhu’alahi wasallam:

“Tidak ada ‘penularan penyakit (Adwa), tidak ada burung penentu nasib baik dan buruk (Thiyarah), tidak ada burung hantu pembawa sial (Hamah), tidak ada bulan shafar pembawa sial atau keberuntungan (Shofar)” (HR. Bukhari dan Muslim), dan dalam riwayat Imam Muslim terdapat tambahan: ” dan tidak ada bintang penentu hujan (Nau)’, serta tidak ada hantu (ghaul).” 1).

Lihat Juga : Primbon Haid

Maka dapat dengan jelas bahwa itu merupakan sebuah tahayul belaka, nah mengapa sih burung gagak dijelaskan dan disebut dalam Al-Qur’an? Karena burung gagak sendiri di dalam Al-Qur’an merupakan sebuah hewan yang sangat istimewa, karena hewan inilah yang menjadi sebuah simbol datangnya kematian yang layak dan simbol bahwa seorang manusia yang mati harus segera dikubur.

Burung gagak juga menjadi hewan yang memiliki jasa dan peran cukup membantu bagi Qabil yang secara tak sengaja membunuh saudaranya sendiri karena bisikan setan, dari situ Qabil melihat seekor burung gagak yang menggali sebuah tanah dan menguburkan burung yang mati tersebut.

Suaranya Pertanda Datangnya Kematian

burung gagak pertanda kematian
Sumber gambar: Boombastis.com

Apakah kamu tahu bahwa burung gagak sendiri sering dijadikan sebagai tanda datangnya kematian bagi seseorang, dimana bukan hanya negara eropa saja yang mempercayainya, bahkan masyarakat Indonesia khususnya di pulau Jawa mempercayai mitos yang satu ini.

katanya jika ada burung gagak yang berkicau di tempat yang tak biasan dan jarang ditempati oleh burung tersebut, maka itu dianggap sebagai panggilan kematian bagi seseorang yang ada di sekitar wilayah tersebut. Jika kamu melihat gagak muncul di sebuah rumah dan berkicau dengan suara yang keras, bisa jadi bahwa akan ada orang yang meninggal di dalam rumah tersebut.

Mitos burung gagak sebagai penanda kematian juga dapat dikaitkan dengan burung suwek mori ataupun burung sirit uncuing atau kedasih yang sama-sama menjadi pemberi kabar kematian. Burung gagak sendiri biasanya selalu berkicau menjelang maghrib hingga tengah malam.

Usut punya usut, jika burung gagak berkicau jelang maghrib, maka yang akan meninggal yaitu seorang remaja muda akan tetapi jika kicauan gagak itu bersuara pada tengah malam, maka orang yang akan meninggal yaitu orang dewasa dan orang yang memiliki ilmu yang cukup tinggi.

Jelemaan Tukang Sihir

burung gagak jelmaan tukang sihir
Sumber gambar: Juragan Cipir

Selain dijadikan sebagai pertanda kematian bagi seseorang, burung gagak pun sering dijadikan sebagai hewan peliharaan tukang sihir yang disayangi, tak hanya itu bahkan pada zaman Inggris kuno, penyihir-penyihir disana memiliki keahlian spesial dimana dapat merubah wujudnya persis menjadi seekor burung gagak hitam.

Mengapa tukang sihir merubah dirinya menjadi gagak hitam? karena jika ia merasa terancam ataupun bakal ketahuan dan diburu oleh masyarakat ataupun pemburu tukang sihir, maka ia dapat dengan leluasa untuk terbang dengan bebasnya tanpa dapat diketahui. Selain itu, gagak hitam juga sering digunakan oleh para tukang sihir untuk menyampaikan pesannya pada penyihir lainnya.

Akan Ada Masalah yang Cukup Besar

burung gagak pertanda masalah besar
Sumber gambar: Security Intelligance

Hampir di setiap belahan negara memiliki berbagai macam mitos burung gagak yang sering dipercayai oleh masyarakatnya, nah di Indonesia, Amerika dan juga Inggris, burung gagak dijadikan sebagai tanda akan adanya masalah besar yang akan menghampiri.

Suku Cherokee di Amerika sendiri mempercayai bahwa datangnya burung gagak hitam menjadi sebuah firasat akan adanya bencara cukup besar yang akan menghampiri. Lalu jika sekelompok atau gerombolan burung gagak hitam terbang dan datang di wilayah suku Cherokee, maka dipercaya akan mendatangkan masalah sangat besar.

Mitos burung gagak sebagai sebuah firasat akan datangnya bencana sendiri hanyalah menjadi kepercayaan bagi suku Cherokee di Amerika, maka kamu tentunya tak perlu takut dan mempercayainya secara sunguh-sungguh karena sejatinya bahwa tiap orang akan mendapatkan masalahnya masing-masing di dalam hidupnya.

Wujud dari Seorang Dewi Kematian

burung gagak pertanda jelmaan dewi kematian
Sumber gambar: mythology.net

Menurut kepercayaa orang-orang Celtic di wilayah Eropa, burung gagak hitam sendiri dipercayai sebagai jelmaan dewi cantik bernama Morrigan, yang ternyata merupakan seorang dewi kematian yang juga berhubungan dengan hantu serta setan.

Konon katanya, saat terjadinya peperangan ataupun pemakaman, burung gagak yang tiba-tiba muncul dipercayai merupakan perwujudan atau jelmaan dewi Morrigan, dimana dewi ini memiliki tugas sebagai perantara dunia manusia dengan dunia roh.

Bagian Dari Ritual Voodoo

burung gagak bagian dari ritual voodoo
Sumber gambar: Tentik

Voodoo sendiri merupakan ajaran ilmu hitam yang sangat mematikan, dimana sering sekali dipraktikan di negara-negara orang kulit hitam, seperti di Haiti dan juga Afrika Barat. Untuk melakukan ritual santet, ajaran Voodoo ini memerlukan bagian-bagian yang berbau mistik, nah salah satunya yaitu burung gagak.

Burung gagak hitam dalam ritual Voodoo sendiri dijadikan sebagai pengorbanan dengan cara diambil darahnya lalu disiramkan ke boneka Voodoo yang terbuat dari kayu yang menyerupai boneka manusia sembari mengucapkan sumpah serta kutukan terhadap targetnya, sehingga yang terkena ritual Voodoo ini akan merasakan kesakitan yang amat dahsyat dan juga bisa berujung kepada kematian.

Itulah beberapa penjelasan lengkap tentang mitos burung gagak yang bisa kamu ketahui, oleh karena itu jadikan sebagai referensi dan tetap percayakan semua masalahmu kepada Tuhan yang Maha Esa Ya, semoga dapat membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here